Untuk Gadget yang satu ini, kebetulan saya baru make sekitar beberapa bulan terakhir ini, niatnya sih emang buat ngegantiin "Galaxy Y" yang udah saya jual karena tombol backnya udah mulai ngadat dan tambah parah belakangan ini (biasa lah penyakit Galaxy Y). Dan untuk kelas Andoid 4" (Inchi), saya akuin nih HP lumayan gahar dalam hal spesifikasi hardware, dan untuk masalah harga, kebetulan karena yang saya belinya bekas, jadi saya cuma bayar 700rb untuk ngedapetin HP ini Fullset sama Garansi-garansinya yang kebetulan masih idup hhe... kalo pasarannya sih setau saya barunya 1,1 juta dan bekasnya masih antara 800-950rb, jadi lagi-lagi saya termasuk hoky ngedapetin HP ini dengan harga segitu haha...

Nah, berhubung beberapa hari lalu, saya abis nginstall custom ROM "GoGreen v4.1" untuk si Max-i, jadi sekalian aja deh saya posting hasil flashing saya disini :)

Custom ROM ini sendiri asli buatan anak bangsa (ya iyalah wong HPnya juga cuma beredar di Indonesia haha) yang dibuat oleh Team GoGreen yang beranggotakan (kaya mo nyebutin personel band aja):

  1. Abdul Rozak 
  2. Fridnanda Sofyan 
  3. Martin Rheinz 
  4. Henry Dewa 
  5. Ongky Ansharulla

Dan terakhir yang saya tau ROM ini udah sampe ke versi 4.1, dimana fitur yang dapat anda nikmati antara lain:

v4.0

  • Very fast, slim & smooth!
  • Splash HTC
  • Boot Animation HTC
  • Nova launcher
  • System UI no task manage
  • More Ringtone and Notications
  • New tweak init.d
  • Battery tweaks
  • RAM tweaks for multitasking
  • Delicious Fonts
  • Fonts unicode
  • Zipalign apk for improved free space ROM
  • Remove cache when booting
  • Improved touchscreen Respon
 v4.1

  • DCSMS them by  Alvi Nuari Manurung & onky muhammad
  • status bar greeper 1.8.1
  • setting transparan by asep saeful
  • mms transparan by asep saeful
  • enable crt off animation by asep saeful
  • viper4droid equalizer
  • new tweak init.d
  • tweak cpu
  • battery tweak power saver
  • increase internet speed
  • more responsive
  • new RAM tweak for extra multi tasking
  • remove cache on booting

Dan sebelum lanjut ke tahap flashing/Installasi, nih anda download dulu bahan-bahanya:



Udah? kalo udah sekarang kita masuk ke tahap Installasi:

CARA I:
 
1. Pastikan gadget anda udah di root untuk ngasih hak akses superuser ke CWM. Dan udah di installin CWM Recovery juga. Untuk caranya anda baca aja Thread berikut ini --> Root, unroot dan Install CWM

2. Kalo udah, Masuk ke CWM Recovery, caranya matikan gadget dan pencet tombol power + volume down secara bersamaan.

3. Udah? sekarang  Wipe data/Factory Reset + Wipe Cache partitions

4. (Optional biar bener-bener fresh) Masuk ke menu Mount And Storage, terus Format/system dan Mounting System jadiin (unmount/system)

5. Setelah itu pilih Go back lagi, dan pilih Install Zip from sd card

6. Choose zip from Sd Card, dan pilih file ROM GoGreen v4.0, kemudian pilih Yes dan tunggu hingga proses installasi kelar.

7. Kalo udah kelar, jangan buru-buru reboot system,

8. Masuk ke menu Mount And Storage lagi, terus Format/system dan Mounting System jadiin (unmount/system)

9. Setelah itu pilih Go back lagi, dan pilih Install Zip from sd card

6. Choose zip from Sd Card, dan pilih file OTA GoGreen v4.1 (Updated), kemudian pilih Yes dan tunggu hingga proses installasi kelar.

7. Reboot System Now

8. Setelah masuk ke Homescreen, reboot sekali lagi untuk mengaktifkan tweak.

9. Finish


Tapi tunggu dulu, berhubung ada driver audio viper4android di v4.1 ini, So, lakukan langkah-langkah berikut untuk meng-aktifkannya:

  1. Setelah update buka V4AManager
  2. Lalu pilih instal/update
  3. Reboot
  4. Buka setting -> sound -> music effects -> pilih viper4android

Nah, sampe disini baru proses instalasi kelar semua
  
CARA II:

Untuk Anda yang gagal ngikutin cara diatas, berikut guide singkat dari developernya:
  1. Tidak harus terinstal versi sebelumnya
  2. letakkan hasil download di SD card "Jangan diekstrak"
  3. reboot to CWM recovery
  4. wipe cache
  5. wipe dalvik cache (advanced -> wipe dalvik cache)
  6. flash ROM
  7. wipe cache
  8. wipe dalvik cache (advanced -> wipe dalvik cache)
  9. reboot (jika ditanya pilih saja no)
  10. setelah meyala, reboot sekali lagi agar tweak menjadi aktif
Dan berikut guide untuk flashing update OTA v4.1nya:
  1. harus sudah terinstal go green versi sebelumnya
  2. letakkan hasil download di SD card "jangan diektrak"
  3. reboot to CWM recovery
  4. wipe cache
  5. wipe dalvik cache
  6. flash update
  7. reboot (jika ditanya pilih saja no)
Kalo 2 cara diatas belum ngaruh juga dan masih tetep stuck di Logo HTC (Bootloop) coba install dulu versi sebelumnya, sebelum nginstall versi v4.1, berikut linknya:
Go Green v1.0: DOWNLOAD

Go Green v2.0: DOWNLOAD 
 
Go Green v2.1: DOWNLOAD

Go Green v3.0: DOWNLOAD 
  

Warning!

Rom ini merubah Splash Screen atau Logo Smartfren ketika Gadget di hidupkan. Jadi biarpun anda gonta ganti ROM lain, Splash Screennya nggak akan berubah.

Dan berikut screenshoot tampilan ROM ini:


















Gimana? lumayan keren kan hhe...

Pesan dari Developer:

Bantu Team Gogreen dalam mengembangkan rom ini dengan memberikan donasi dengan cara memberi pulsa ke nomer 0888 814 1912 sebagai modal saya mencari informasi lewat internet dan memudahkan saya untuk mengeshare rom yg saya bikin. Untuk Donasi seiklasnya saja. :D

*Cara diatas adalah cara yang saya gunakan untuk melakukan flashing ROM ini dan sukses tanpa ada problem apapun, jadi kalo diblog lain anda nemuuin cara yang berbeda, monggo pilihan ada dianda mau ngikutin cara yang mana hhe...

Thanks to: