Udah lama yah gak ngepost & ngurusin blog lagi. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara melakukan dual boot di iPhone 3GS. Walaupun ini tutorial hasil copy-paste tapi mudah-mudahan bermanfaat buat kalian.

Oke langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi,


Seperti yang telah anda ketahui, iPhone adalah sebuah SmartPhone yang sangat melegenda di dunia gadget, dan lalu menyusul Android, si pintar yang muncul baru-baru ini dan sekarang mulai populer.
Yang jadi permasalahan, apabila saya mempunya iPhone, untuk menggunakan android harus membeli gadgetnya, tetapi itu tidak perlu! Ada cara untuk memasang Android di smartphone iPhone.
Tujuan
Panduan ini ditujukan untuk membantu Anda mendapatkan iDroid berjalan di iPhone 2G atau 3G atau iPod Touch 1G menggunakan Bootlace.
Persyaratan
Perangkat
Saat ini Bootlace dan iDroid yang kompatibel dengan perangkat berikut:
-iPhone 2G firmware
-iPhone 3G firmware
-iPod Touch 1G
Firmware
iOS 3.1.2 -> 4.2.1
Jailbreak
Jelas iDevice harus diJailbroken sehingga Anda dapat men-download Bootlace dari Cydia.
OpeniBoot membutuhkan jailbreak kompatibel, satu yang memungkinkan image unsigned NOR untuk bisa dijalankan. Jailbreaksnya adalah:
PwnageTool
redsn0w
blackra1n
JIKA PERANGKAT ANDA / IOS VERSION / JailBreak TIDAK TERDAFTAR, MAKA ITU TIDAK DIDUKUNG !
OpeniBoot TIDAK akan bekerja dengan Kekuatan atau Jailbreaksnya Jailbreakme.com.
Instalasi Bootlace
Buka Cydia dan cari Bootlace. Hal ini diselenggarakan oleh BigBoss.
Instal paket bernama Bootlace.
Menginstall OpeniBoot dan iDroid
Keluar Cydia, dan buka Bootlace. Bootlace kemudian akan memeriksa kompatibilitas Anda IOS dan Jailbreak. Jika semua persyaratan terpenuhi, Bootlace otomatis akan patch kernel iOS anda untuk siap ke flash OpeniBoot. Setelah proses ini selesai, Anda akan diminta untuk reboot IOS.
Setelah IOS telah dimuat, jalankan Bootlace dan tekan tab OpeniBoot (kedua2 dari kanan, yang terlihat seperti boot). Sentuh tombol Install berwarna hijau. Sebuah pesan peringatan akan muncul. Lanjutkan jika Anda ingin menginstal OpeniBoot.

Bootlace. akan memakan waktu cukup untuk flash Firmware untuk OpeniBoot.
Lalu tekan tab iDroid dan kemudian sentuh Install.


Instalasi bisa memakan waktu beberapa saat (tergantung kecepatan koneksi Anda). Yang terbaik adalah dihubungkan melalui WiFI ketimbang 3G atau EDGE.
Selain itu, menyentuh (i) di sudut kanan atas untuk mengekstrak Firmware Multitouch dan Download Firmware WiFi. Anda perlu menyentuh tombol-tombol untuk firmware.
Setelah instalasi Anda dapat reboot perangkat Anda dan pilih iDroid di Menu OpeniBoot menggunakan tombol volume (atau tombol daya jika Anda berada di iPod Touch 1G) dan konfirmasikan dengan tombol home.

Oke cukup sekian dan semoga bermanfaat buat kalian pecinta iPhone 3GS.


Sumber: Google.com