17 Nov 2013

Blackberry Curve 9360 Apollo
Blackberry Curve 9360 Apollo
Berhubung ane pake BB Apollo, kali ini ane mau nge-rivew tentang spesifikasi BB Apollo. Oke langsung aja bro... Sebelumnya pada blog Trik dan Tips BlackBerry telah membahas review BlackBerry Bold 9900 BlackBerry Dakota, kini dari keluarga BlackBerry Curve, RIM juga tidak mau ketinggalan dan menghadirkan anggota baru pada line BlackBerry Curve-nya beberapa waktu lalu dengan BlackBerry Curve 9360 a.k.a BlackBerry Apollo. Seperti sebelumnya saya memberikan beberapa video review dan spesifikasi BlackBerry Bold 9900 a.k.a BlackBerry Dakota, kali ini saya juga akan memberikan beberapa review untuk BlackBerry Curve 9360 a.k.a BlackBerry Apolloyang saya dapatkan referensinya dari beberapa website gadget tetangga untuk anda yang mempunyai rencana atau sedang menimbang-nimbang untuk mengganti BlackBerry lama anda dengan BlackBerry Curve 9360 a.k.a BlackBerry Apollo.
Berikut spesifikasi BlackBerry Curve 9360 BlackBerry Apollo:
General
Network:   2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G HSDPA 850 / 1900 / 2100
Dimensi
Ukuran/Berat:  109 x 60 x 11 mm / 99 g
Layar
Tipe: TFT
Ukuran:
480 x 360 pixels, 2.44 inches (~246 ppi pixel density)
QWERTY keyboard
- Touch-sensitive optical trackpad
Sound
Audio Jack:
3,5mm Jack Audio
Fitur:
Vibration; Polyphonic(64), MP3 ringtones
Speakerphone:
Ya
Memory
Internal:
512 MB storage, 512 MB RAM
External:
microSD, up to 32GB
Data
3G:
HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA
EDGE:
Ya
GPRS:
Ya
WLAN:
Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth:
Ya, v2.1 with A2DP
Infrared:
Tidak
Cable/Port:
Ya, microUSB v2.0
Kamera
Primer(belakang):
5 MP, 2592х1944 pixels, LED flash
Sekunder(depan):
Tidak
Video Record:
Ya, VGA
Fitur
Sistem Operasi(OS):
BlackBerry OS 7.0
CPU:
800MHz processor
Browser:
HTML
GPS:
Ya, with A-GPS support
Messaging:
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Java:
Tidak
- NFC support
- Organizer
- Document viewer
- Voice memo/dial
- Predictive text input
Radio:
Tidak
Stand by:
-
Talk Time:
-
Tipe:
Standard battery, Li-Ion 1000 mAh
Fitur Tambahan
Video Player:
- MP4/H.263/H.264/WMV player
MP3 Player:
- MP3/eAAC+/WMA/WAV player
Audio Record:
Ya
Multiple SIM Card:
Tidak
TV:
Tidak
Gambar untuk BlackBerry Curve 9360 BlackBerry Apollo:
Blackberry Curve 9360 Apollo
Blackberry Curve 9360 Apollo
Blackberry Curve 9360 Apollo
Beberapa video review BlackBerry Curve 9360 BlackBerry Apollo:




Posted on Minggu, November 17, 2013 by Ademuhsin Labdagati

Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry dan transfer data BlackBerry Messenger (BBM) yang sukalemot.
Berikut step-step Diagnostics Test maintenance untuk BlackBerry.
For BlackBerry OS 5
Step 1
Step ini saya lakukan setelah saya mendaftar kembali layanan untuk BlackBerry saya, yang bertujuan untuk nge-PING server RIM supaya menormalkan layanan data BlackBerry saya setelah mendaftar.
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Buka menu Options
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Pilih Advanced Options
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Host Routing Table
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-  Pilih ID yang di cetak tebal seperti pada gambar dan mungkin angka bisa berbeda dari gambar di atas (Gambar di atas saya Capture dari BlackBerry Onyx), tekan menu (tombol BlackBerry) pilih Register Now
Step 2
Maintenance/perawatan pada BlackBerry, sedangkan saya lebih sering menggunakan proses Diagnostics Test ini kalau Koneksi atau BlackBerry Messenger sedang lemot.
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Sama seperti sebelumnya masuk menu Option>Mobile Network
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Tekan menu (Tombol BlackBerry) dan pilih Diagnostics Test
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-   Dan tekan menu pilih Run untuk menjalankan proses Diagnostics Test dan tunggu sampai proses maintenance selesai
For BlackBerry OS 6 dan OS 7
Sebenarnya tidak ada perbedaan dalam melakukan Diagnostics Test maintenance untuk BlackBerry OS 5 dengan OS 6 atau OS 7, yang membedakan hanya tampilan menu Options yang berbeda dan agak membinggungkan bagi penguna BlackBerry yang biasanya menggunakan OS 5 lalu upgrade ke OS 6 atau OS 7 (Seperti saya yang agak bingung pertama kali :D ).
Step 1
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Pilih menu Options
-    Device
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Advance System Settings
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Host Routing Table
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-  Pilih ID yang di cetak tebal (Saya menggunakan BlackBerry Apollo, jadi mungkin saja angka berbeda dengan step sebelumnya yang di capture dari BlackBerry Onyx) tekan menu (Tombol BlackBerry) pilih Register Now
Step 2
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-   Masuk ke menu Options
-   Pilih Networks and Connections
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-   Mobile Networks
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-    Tekan menu (tombol BlackBerry), pilih Diagnostics Test
Diagnostics Test maintenance tips untuk BlackBerry-   Tekan lagi menu dan pilih Run untuk menjalankan proses Diagnostics Test dan tunggu sampai proses maintenance selesai
Silahkan melakukan Diagnostics Test untuk Maintenance BlackBerry anda, selamat mencoba.

Posted on Minggu, November 17, 2013 by Ademuhsin Labdagati

Signal BlackBerry hilang/SOS, terkadang juga signal BlackBerry menjadi GSM, atau signal BlackBerryGPRS/EDGE/3G yang tadinya huruf besar menjadi huruf kecil gprs/edge/3g tentu sangat menjengkelkan, sehingga membuat BlackBerry lemot dan beberapa layanan BlackBerry tidak dapat digunakan seperti Browsing, BlackBerry Messenger, dan lainnya. Maka dari itu pada blog Trik dan Tips BlackBerry ini saya menambahkan artikel tentangPenjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan, agar anda menggerti setiap tanda signal yang muncul pada BlackBerry anda dan tahu cara perbaikannya.
Berikut penjelasan tanda signal BlackBerry dan solusi untuk perbaikannya:
Tanda Signal SOS Pada BlackBerry
Signal SOS pada BlackBerry menandakan bahwa BlackBerry anda tidak mendapat signal/signal hilang, bisa saja terjadi jika anda berada di ruangan yang sangat minim mendapat asupan signal. Signal SOS pada BlackBerry membuat anda tidak dapat melakukan pengiriman/penerimaan SMS, BrowsingChatting dan hampir semua layanan  yang memerlukan signal BlackBerry.
Solusi: Jika anda berada dalam ruangan minim signal, tentunya anda harus mencari tempat yang mendapat asupan signal yang cukup sehingga signal BlackBerry yang tadinya SOS kembali normal. Namun jika anda berada di ruangan yang memang mendapat asupan signal yang cukup tapi signal BlackBerry anda masih SOS, coba lakukan soft reset atau hard reset/reboot/restart BlackBerry anda, kalau masih belum bisa pancing signal BlackBerry atau bisa dengan Diagnostics Test dengan Host Routing Table.
Tanda Signal GSM
Tanda signal GSM pada BlackBerry, membuat BlackBerry anda hanya bisa di gunakan untuk SMS dan Telepon, tidak ada layanan data service yang bisa di gunakan seperti chatting, Email, Browsing, dll.
Solusi: hampir sama dengan solusi tanda signal BlackBerry SOS, anda bisa pancing signal BlackBerry anda atauPING!! ke server RIM dengan Diagnostics Test.
Signal BlackBerry Huruf Kecil gprs/edge/3g
Tanda signal gprs/edge/3g huruf kecil berarti anda belum melakukan pendaftaran untuk berlangganan paket data BlackBerry atau BIS. Bisa juga terjadi yang tadinya GPRS/EDGE/3G huruf besar menjadi huruf kecil gprs/edge/3gkarena error pada data service di jaringan operator.
Solusi: Kalau anda belum berlangganan paket BIS anda bisa berlangganan terlebih dahulu, baca cara daftar daninfo tarif. Jika memang sudah berlangganan layanan data service BlackBerry dan signal menjadi huruf kecilgprs/edge/3g maka anda bisa coba pancing signal BlackBerry anda atau lakukan Diagnostics Test.
Signal BlackBerry Huruf Besar GPRS/EDGE/3G
Signal BlackBerry GPRS/EDGE/3G dengan huruf besar berarti BlackBerry anda berada dalam layanan paket data BIS sehingga anda bisa menggunakan semua fitur browsing, chatting, Email, dll sesuai paket BIS yang anda ambil. Untuk penjelasan network GPRS/EDGE/3G akan saya buat arikelnya nanti.
Cara Pancing Signal BlackBerry
Berikut step by step cara untuk pancing signal BlackBerry SOS/GSM/huruf kecil semua gprs/edge/3g, namun sebelumnya anda sudah berlangganan paket data BlackBerry tentunya.
Penjelasan Tanda Signal BlackBerry dan Solusi Perbaikan-    Buka Manage Connection (pada homescreen arahkan kusor ke paling atas seperti pada gambar) Note: gambar di atas saya capture dari BB saya BlackBerry Apollo OS 7, untuk OS 5 masih sama hanya berbeda tampilan menu saja.
-   Uncentang box Mobile Network dan centang lagi
-  Jika signal masih belum kembali normal, PING server RIM dengan Host Routing Table.

Posted on Minggu, November 17, 2013 by Ademuhsin Labdagati


ilustrasi
Jakarta, MDTV: Serangan cyber kepada instansi pemerintah, swasta, militer dan pendidikan membuat kekhawatiran berbagai pihak, salah satunya Kementrian Komunikasi dan Informasi.

Kementerian Komunikasi dan Informasi memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai tindak kejahatan di dunia maya alias cyber crimes. Melalui siaran pers yang dirilis pada Sabtu, 16 November 2013, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi Gatot S. Dewa Broto kejahatan dunia maya yang lazim terjadi adalah pencurian data.

"Akses internet yang semakin meluas, terutama melalui jaringan nirkabel seperti wi-fi di tempat umum membuat potensi kebocoran informasi semakin besar," ujarnya.

Selain itu, kata Gatot, bentuk kejahatan dunia maya biasanya berupa serangan malware pada smartphone yang bisa mengakibatkan isi buku alamat dan informasi pribadi lainnya mungkin dapat terkirim ke server eksternal atau yang tidak sah. Kasus penipuan dengan satu kali klik juga makin marak, dengan mengklik gambar atau video dapat menyebabkan penagihan tidak sah atau mengarahkan pengguna akses ke situs palsu.

Surat elektronik alias email, menurut Gatot, merupakan target penyerangan tindak kejahatan dunia maya yang paling rentan. "Target serangan mlalui email ini bisa individu atau organisasi." Modusnya, pengguna menerima surat elektronik dengan lampiran yang terinfeksi virus yang sengaja dikirim dari penyerang. Jika sudah disusupi virus, dan dibuka oleh pengguna, maka secara otomatis pihak luar bisa menelusup dan mencari informasi yang dikehendaki.

"Masyarakat harus menyikapi potensi serangan kejahatan dunia maya," kata Gatot. Pasalnya, kejahatan semacam ini menimbulkan dampak besar baik secara finansial maupun secara nonfinansial, secara pribadi, organisasi, maupun pemerintah, dan negara.

"Pengguna harus memperhatikan keamanan informasinya." Keamanan informasi, terutama yang mempunyai nilai strategis dan nilai kedaulatan baik yang berkaitan dengan kalangan masyarakat, pemerintah sipil, militer, dan dunia usaha harus menjadi perhatian serius.

Posted on Minggu, November 17, 2013 by Ademuhsin Labdagati


Untuk Gadget yang satu ini, kebetulan saya baru make sekitar beberapa bulan terakhir ini, niatnya sih emang buat ngegantiin "Galaxy Y" yang udah saya jual karena tombol backnya udah mulai ngadat dan tambah parah belakangan ini (biasa lah penyakit Galaxy Y). Dan untuk kelas Andoid 4" (Inchi), saya akuin nih HP lumayan gahar dalam hal spesifikasi hardware, dan untuk masalah harga, kebetulan karena yang saya belinya bekas, jadi saya cuma bayar 700rb untuk ngedapetin HP ini Fullset sama Garansi-garansinya yang kebetulan masih idup hhe... kalo pasarannya sih setau saya barunya 1,1 juta dan bekasnya masih antara 800-950rb, jadi lagi-lagi saya termasuk hoky ngedapetin HP ini dengan harga segitu haha...

Nah, berhubung beberapa hari lalu, saya abis nginstall custom ROM "GoGreen v4.1" untuk si Max-i, jadi sekalian aja deh saya posting hasil flashing saya disini :)

Custom ROM ini sendiri asli buatan anak bangsa (ya iyalah wong HPnya juga cuma beredar di Indonesia haha) yang dibuat oleh Team GoGreen yang beranggotakan (kaya mo nyebutin personel band aja):

  1. Abdul Rozak 
  2. Fridnanda Sofyan 
  3. Martin Rheinz 
  4. Henry Dewa 
  5. Ongky Ansharulla

Dan terakhir yang saya tau ROM ini udah sampe ke versi 4.1, dimana fitur yang dapat anda nikmati antara lain:

v4.0

  • Very fast, slim & smooth!
  • Splash HTC
  • Boot Animation HTC
  • Nova launcher
  • System UI no task manage
  • More Ringtone and Notications
  • New tweak init.d
  • Battery tweaks
  • RAM tweaks for multitasking
  • Delicious Fonts
  • Fonts unicode
  • Zipalign apk for improved free space ROM
  • Remove cache when booting
  • Improved touchscreen Respon
 v4.1

  • DCSMS them by  Alvi Nuari Manurung & onky muhammad
  • status bar greeper 1.8.1
  • setting transparan by asep saeful
  • mms transparan by asep saeful
  • enable crt off animation by asep saeful
  • viper4droid equalizer
  • new tweak init.d
  • tweak cpu
  • battery tweak power saver
  • increase internet speed
  • more responsive
  • new RAM tweak for extra multi tasking
  • remove cache on booting

Dan sebelum lanjut ke tahap flashing/Installasi, nih anda download dulu bahan-bahanya:



Udah? kalo udah sekarang kita masuk ke tahap Installasi:

CARA I:
 
1. Pastikan gadget anda udah di root untuk ngasih hak akses superuser ke CWM. Dan udah di installin CWM Recovery juga. Untuk caranya anda baca aja Thread berikut ini --> Root, unroot dan Install CWM

2. Kalo udah, Masuk ke CWM Recovery, caranya matikan gadget dan pencet tombol power + volume down secara bersamaan.

3. Udah? sekarang  Wipe data/Factory Reset + Wipe Cache partitions

4. (Optional biar bener-bener fresh) Masuk ke menu Mount And Storage, terus Format/system dan Mounting System jadiin (unmount/system)

5. Setelah itu pilih Go back lagi, dan pilih Install Zip from sd card

6. Choose zip from Sd Card, dan pilih file ROM GoGreen v4.0, kemudian pilih Yes dan tunggu hingga proses installasi kelar.

7. Kalo udah kelar, jangan buru-buru reboot system,

8. Masuk ke menu Mount And Storage lagi, terus Format/system dan Mounting System jadiin (unmount/system)

9. Setelah itu pilih Go back lagi, dan pilih Install Zip from sd card

6. Choose zip from Sd Card, dan pilih file OTA GoGreen v4.1 (Updated), kemudian pilih Yes dan tunggu hingga proses installasi kelar.

7. Reboot System Now

8. Setelah masuk ke Homescreen, reboot sekali lagi untuk mengaktifkan tweak.

9. Finish


Tapi tunggu dulu, berhubung ada driver audio viper4android di v4.1 ini, So, lakukan langkah-langkah berikut untuk meng-aktifkannya:

  1. Setelah update buka V4AManager
  2. Lalu pilih instal/update
  3. Reboot
  4. Buka setting -> sound -> music effects -> pilih viper4android

Nah, sampe disini baru proses instalasi kelar semua
  
CARA II:

Untuk Anda yang gagal ngikutin cara diatas, berikut guide singkat dari developernya:
  1. Tidak harus terinstal versi sebelumnya
  2. letakkan hasil download di SD card "Jangan diekstrak"
  3. reboot to CWM recovery
  4. wipe cache
  5. wipe dalvik cache (advanced -> wipe dalvik cache)
  6. flash ROM
  7. wipe cache
  8. wipe dalvik cache (advanced -> wipe dalvik cache)
  9. reboot (jika ditanya pilih saja no)
  10. setelah meyala, reboot sekali lagi agar tweak menjadi aktif
Dan berikut guide untuk flashing update OTA v4.1nya:
  1. harus sudah terinstal go green versi sebelumnya
  2. letakkan hasil download di SD card "jangan diektrak"
  3. reboot to CWM recovery
  4. wipe cache
  5. wipe dalvik cache
  6. flash update
  7. reboot (jika ditanya pilih saja no)
Kalo 2 cara diatas belum ngaruh juga dan masih tetep stuck di Logo HTC (Bootloop) coba install dulu versi sebelumnya, sebelum nginstall versi v4.1, berikut linknya:
Go Green v1.0: DOWNLOAD

Go Green v2.0: DOWNLOAD 
 
Go Green v2.1: DOWNLOAD

Go Green v3.0: DOWNLOAD 
  

Warning!

Rom ini merubah Splash Screen atau Logo Smartfren ketika Gadget di hidupkan. Jadi biarpun anda gonta ganti ROM lain, Splash Screennya nggak akan berubah.

Dan berikut screenshoot tampilan ROM ini:


















Gimana? lumayan keren kan hhe...

Pesan dari Developer:

Bantu Team Gogreen dalam mengembangkan rom ini dengan memberikan donasi dengan cara memberi pulsa ke nomer 0888 814 1912 sebagai modal saya mencari informasi lewat internet dan memudahkan saya untuk mengeshare rom yg saya bikin. Untuk Donasi seiklasnya saja. :D

*Cara diatas adalah cara yang saya gunakan untuk melakukan flashing ROM ini dan sukses tanpa ada problem apapun, jadi kalo diblog lain anda nemuuin cara yang berbeda, monggo pilihan ada dianda mau ngikutin cara yang mana hhe...

Thanks to:


Posted on Minggu, November 17, 2013 by Ademuhsin Labdagati



Saya yakin hampir sebagian besar pengguna Android pernah denger kata "Root", "Rooting", "Ngeroot", and whatever about that. Dan hampir sebagian besar diantara mereka juga, nggak berani nge-root Gadgetnya karena takut garansinya ilang, HPnya stuck/nggak bisa diapa-apain, dan masih banyak pemikiran lebay lainnya. 

Padahal, kalo emang bener-bener mau ke Service Center, tinggal mereka unroot aja gadgetnya pake tools root/unroot yang udah banyak banget tersedia di forum-forum lokal dan luar, like Lounge Kaskus dan XDA Developer forum

Atau kalo emang sampe stuck/gagal, ya tinggal flashing ulang aja Stock ROM-nya, biar keliatan kaya Gadget yang belum pernah diapa2in alias like new hahaha...

Dan yang lebih parah lagi waktu saya jalan-jalan ke fjb kaskus semalem, saya nemuin seller yang nulis kaya gini: (lihat yang saya kasih tanda garis merah)


Busettt dahh... di root aja sampe bisa "Lambat luar biasa"hahaha...padahal mah aplikasi SuperSU atau SuperUser perasaan nggak gede-gede banget ngambil storagenya. 



Tuh cuma 2mb hahaha... paling gede juga make RAMnya 1mb... 

Dan yang sering jadi pertanyaan adalah, sebenernya Root itu legal nggak sih? 

Setau saya sendiri, beberapa vendor kaya LG nggak terlalu mem-permasalahkan Rooting bahkan pernah saya baca ketika ada yang nanya tenyang Rooting mereka malah ngejawab bisa langsung ke Service Center mereka aja. 

Bahkan beberapa merk china, udah meng-include-kan aplikasi SuperSU atau SuperUser ke Gadget yang mereka jual. 

Paling cuma beberapa vendor aja yang masih nganggap root sebagai sesuatu yang ilegal.

Padahal, kalo mau dibilang Ilegal, apanya juga yang Ilegal wong Android OS Open Source kok. Mestinya ya bebas-bebas aja toh mau kita apain. Malah aneh buat saya kalo anda punya HP yang katanya Smart tapi anda sendiri nggak punya akses sebagai Administrator, atau hanya sebagai end user. 

Tapi ya semua kembali ke anda masing-masing sih... mau diroot atau nggak itu terserah anda hhe...

Sumber: http://dj-site.blogspot.com/2013/09/salah-persepsi-tentang-rooting.html

Posted on Minggu, November 17, 2013 by Ademuhsin Labdagati